Yasman Yasir: Membangun Budaya Catur dan Partisipasi Pelajar di Teluk Bintuni

Ketua Harian PERCASI Teluk Bintuni, Yasman Yasir, menyerahkan trofi dan uang pembinaan kepada peserta kategori pelajar pada turnamen catur Bupati Teluk Bintuni Cup III pada Jumat (5/7) malam.
Ketua Harian PERCASI Teluk Bintuni, Yasman Yasir, menyerahkan trofi dan uang pembinaan kepada peserta kategori pelajar pada turnamen catur Bupati Teluk Bintuni Cup III pada Jumat (5/7) malam.

Bintuni, Mediaprorakyat.com – Turnamen Catur Bupati Cup III yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 6 Juli di Gedung WCC Bintuni berakhir dengan sukses.

Dalam sambutannya, Solikhudin, S.Pd., M.Pd., mewakili Kepala Disdikpora Teluk Bintuni, menyampaikan rasa syukurnya atas penyelenggaraan turnamen yang melibatkan 40 peserta kategori umum dan 5 peserta kategori pelajar.

“Tahun ini kita menyelenggarakan dua kategori, yaitu kategori pelajar dan kategori umum. Untuk kategori pelajar, ada 5 siswa dari jenjang SD hingga SMA/SMK yang berpartisipasi. Turnamen ini menggunakan sistem Swiss yang terdiri dari 7 babak,” ujar Solikhudin, saat penutupan, Jum’at malam (5/7).

Ia melanjutkan, Turnamen ini diselenggarakan dengan bantuan aplikasi Swiss Manager. Solikhudin juga menambahkan bahwa Teluk Bintuni, melalui PERCASI-nya, merupakan salah satu daerah paling aktif di Papua Barat dan Papua Barat Daya dalam menyelenggarakan turnamen catur, baik secara offline maupun online. Bahkan, turnamen online yang pernah diadakan diikuti oleh pemain tingkat master internasional seperti Yosep Theo Lipus.

“Tahun ini pelaksanaan turnamen agak mendadak, sehingga peserta yang diundang sebagian besar berasal dari luar Bintuni, seperti Manokwari. Hari ini kita sudah menyelesaikan turnamen dan sudah mendapatkan peringkat-peringkatnya. Hasil akhirnya sudah diumumkan dan disampaikan di grup WhatsApp komunitas catur Bintuni,” tambahnya.

Melalui dirinya, Kepala dinas mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap turnamen ini bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas permainan catur di Teluk Bintuni.

Dia juga berharap turnamen semacam ini bisa terus diadakan setiap tahun dan Teluk Bintuni dapat melahirkan pemain catur yang berprestasi di tingkat provinsi maupun nasional.

Solikhudin menutup sambutannya dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam terselenggaranya acara ini.

Pada kesempatan yang sama, Yasman Yasir, Ketua Harian PERCASI Teluk Bintuni, menyerahkan trofi dan uang pembinaan kepada para peserta yang berhasil menjadi juara.

Sebelumnya, Yasman menyampaikan apresiasinya, “Ini memang luar biasa, semangat dari awal hingga akhir. Turnamen ini telah berjalan dengan baik.”

Ia juga menambahkan, “Kita akan melanjutkan dengan Turnamen Catur YAYAS CUP II (Kedua).Saya minta maaf kepada Pak Takdir, karena kita akan melaksanakan, maka piala bergilir akan dikembalikan. Kita akan susun program ini dengan lebih baik.”

Selain turnamen catur, Yasman Yasir juga menekankan pentingnya partisipasi pelajar. “Ada lima pelajar yang ikut serta, dan kita akan memperbesar skala turnamen di masa mendatang. Bupati Cup berikutnya kita akan undang lebih banyak peserta dari kabupaten lain di Papua Barat, yang terdiri dari tujuh kabupaten.”

Yasman Yasir juga menyampaikan harapannya untuk menjadi Wakil Ketua 2 DPRD Teluk Bintuni, dengan komitmen untuk memprioritaskan olahraga catur dan PERCASI.

“Kami berencana melaksanakan kegiatan pelantikan  pada tanggal 26 September. Setelah pemberhentian yang lama, kita akan dilantik, kami berharap olahraga ini akan terus berkontribusi.”

Dalam penutupannya, Yasman Yasir menekankan pentingnya konsentrasi dalam bermain catur. “Catur adalah olahraga otak yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung acara ini. Keakraban masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni sangat terasa dalam turnamen ini.”

Yasman Yasir juga berharap agar juara turnamen dapat berbagi pengetahuan dengan para pelajar yang lebih muda. “Kita harap adik-adik yang masih SD dan SMP dapat ikut serta dalam catur. Ini adalah olahraga yang melatih otak, berbeda dengan olahraga lain yang mengandalkan fisik.”

“Rencananya, Turnamen Catur YAYAS CUP II akan diadakan bulan depan dengan melibatkan lebih banyak partisipasi dari masyarakat dan pemuda setempat,” sebut Yasman.

Yasman Yasir juga berencana memberikan kostum kepada para peserta sebagai bentuk apresiasi. “Jadi kalau tidak menggunakan kostum, tidak bisa bermain,” sebut Yasman.

Demikian disampaikan Yasman Yasir pada penutupan acara Turnamen Catur Bupati Teluk Bintuni CUP III. Terima kasih atas partisipasinya dan semoga ke depan turnamen ini dapat berlangsung lebih meriah. [HS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg