Kapolres Teluk Bintuni Tegaskan Polri Siap Jaga Demokrasi dan Percepatan Ekonomi di Hari Bhayangkara ke-78

Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Dr. H. Choiruddin Wachid S.I.K, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan Iptu Tri Adimasworo sebagai Komandan Upacara
Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Dr. H. Choiruddin Wachid S.I.K, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan Iptu Tri Adimasworo sebagai Komandan Upacara

Bintuni, Mediaprorakyat.com – Polres Teluk Bintuni menggelar upacara memperingati Hari Bhayangkara ke-78 pada Senin, 1 Juli 2024. Upacara yang berlangsung di lapangan apel Mapolres Teluk Bintuni ini dipimpin oleh Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Dr. H. Choiruddin Wachid S.I.K, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan Iptu Tri Adimasworo sebagai Komandan Upacara. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Dengan tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas,” peringatan Hari Bhayangkara kali ini menekankan peran Polri dalam mendukung pembangunan nasional. Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan oleh AKBP Dr. H. Choiruddin Wachid S.I.K, disampaikan bahwa Polri terus tumbuh dan berkembang dalam menghadapi tantangan tugas melayani, melindungi, dan mengayomi masyarakat.

Kapolres Teluk Bintuni menyatakan bahwa dengan bertambahnya usia Polri, harapan masyarakat terhadap institusi ini semakin besar. “Kepolisian memiliki kewenangan dan peran yang sangat luas dalam berbagai bidang, dan tugas Polri langsung bersentuhan dengan masyarakat. Oleh karena itu, anggota Polri diminta untuk bekerja dengan profesional, melayani masyarakat dengan hati dan presisi,” ujarnya.

Momentum Hari Bhayangkara ke-78 ini digunakan untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri dengan cara mendekatkan diri kepada masyarakat. Polri berkomitmen untuk terus melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 30 Ayat (4), serta mendukung peningkatan produktivitas dan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Menghadapi agenda nasional Pilkada mendatang, Polri berkomitmen menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran proses demokrasi. Polri akan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, termasuk KPU dan Bawaslu, untuk memastikan Pilkada berjalan damai, adil, dan transparan. Polri juga mendorong peserta, partai politik, dan masyarakat agar menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, menghindari provokasi, serta mengedepankan dialog dan kerja sama dalam proses politik.

Dalam amanatnya, Kapolri menekankan beberapa hal penting bagi anggota Polri, yaitu:

1. Memantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri untuk memperkokoh semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks.
2. Melakukan perbaikan terhadap kelemahan yang ada, terutama dalam penegakan hukum secara profesional, transparan, dan berkeadilan.
3. Membuang budaya koruptif dan menghindari tindakan yang berlebihan, serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri.
4. Mengedepankan langkah-langkah pencegahan dan tindakan humanis dalam menangani setiap permasalahan sosial.
5. Meningkatkan sinergi, koordinasi, dan komunikasi dengan TNI serta semua elemen pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan tugas.

Kapolres Teluk Bintuni menutup amanatnya dengan keyakinan bahwa dengan usaha perbaikan, memperkuat soliditas, dan meningkatkan profesionalisme, Polri akan semakin dipercaya masyarakat dalam menjaga stabilitas kamtibmas dan penegakan hukum sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. [HS/Tim]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg