MPI Tegaskan Tata Kelola CSR LNG Dimaksimalkan untuk Papua Barat Terang

Sekjend DPN MPI, M. Tayeb Demara saat di wawancara Mediaprorakyat.com di Jakarta, Senin (27/5/2024)
Sekjend DPN MPI, M. Tayeb Demara saat di wawancara Mediaprorakyat.com di Jakarta, Senin (27/5/2024)

Jakarta, Mediaprorakyat.com – Dewan Pimpinan Nasional Masyarakat Pertambangan Indonesia (DPN MPI) terus mengupayakan peningkatan pelayanan publik di wilayah-wilayah pertambangan, terutama di Papua Barat.

Ketua Umum MPI, Amin Ngabalin, melalui Sekjen MPI, M. Tayeb Demara, menegaskan bahwa berbagai pihak harus memaksimalkan program peningkatan pelayanan untuk masyarakat sekitar tambang.

M. Tayeb Demara menyatakan bahwa peningkatan infrastruktur di daerah-daerah yang berkembang, khususnya di sekitar wilayah tambang, sangat dibutuhkan.

Hal ini penting agar masyarakat lokal dapat merasakan manfaat dari investasi yang dilakukan. Menurutnya, ini adalah langkah penting dalam memperbaiki kondisi sosial masyarakat setempat.

Contohnya, di Papua Barat, khususnya di Kabupaten Bintuni, di mana terdapat investasi besar dalam sektor minyak dan gas. MPI menekankan pentingnya program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terpadu, seperti yang dilakukan oleh berbagai elemen terkait termasuk PLN.

Program seperti “Papua Terang” yang fokus pada peningkatan penerangan di jalan dan rumah-rumah penduduk yang belum terjangkau listrik sangatlah dibutuhkan.

MPI juga berharap pemerintah daerah dan pusat dapat berkolaborasi lebih erat untuk memikirkan dan merealisasikan program-program investasi yang prioritasnya adalah kesejahteraan anak kampung setempat.

Hal ini bertujuan agar masyarakat lokal benar-benar terlibat dalam tata kelola dan perbaikan di berbagai lini kehidupan sosial di Kabupaten Bintuni.

“Harapan kami adalah agar pemerintah daerah dan pusat bisa berstimulus dan berkolaborasi memikirkan Papua secara umum, dan khususnya Papua Barat, yang saat ini sumber daya alamnya sedang dieksplorasi. Investasi yang mendahulukan kepentingan masyarakat lokal sangatlah penting,” ujar M. Tayeb Demara.

Wakil Sekretaris Jenderal Bela Negara PPK Kosgoro, yang juga menjabat sebagai Badan Saksi Nasional di DPP Partai Golkar ini menambahkan bahwa perhatian dan tindakan nyata dari berbagai pihak terkait adalah kunci untuk memastikan bahwa masyarakat Papua Barat merasakan langsung manfaat dari sumber daya alam yang ada di wilayah mereka.

” Dengan harapan semua pihak dapat bekerja sama dalam merealisasikan peningkatan pelayanan publik dan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan di Papua Barat.” pungkasnya.

Penulis: Haiser SitumorangEditor: Haiser Situmorang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg