Siswa SMP Negeri Terpadu Bintuni Gelar Kegiatan Pramuka “Saya Mahir Mengolah Masakan Rimba”

Siswa kelas VII dan VIII dari Gugus Depan 01.025 - 01.026 Pangkalan SMP Negeri Terpadu Bintuni
Siswa kelas VII dan VIII dari Gugus Depan 01.025 - 01.026 Pangkalan SMP Negeri Terpadu Bintuni

Bintuni, Mediaprorakyat.com – Gugus Depan 01.025 – 01.026 Pangkalan SMP Negeri Terpadu Bintuni mengadakan kegiatan pramuka dengan tema “Saya Mahir Mengolah Masakan Rimba”, melibatkan siswa kelas VII dan VIII.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam mengolah masakan di alam terbuka serta meningkatkan kedisiplinan dan semangat kebersamaan.

Hal ini dijelaskan Ketua Gugus Depan, Nurhayati, ia menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa dalam kegiatan sehari-hari, termasuk menyiapkan alat dan bahan sesuai dengan instruksi pembina. Jum’at (26/4/2024)

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat semangat dan jiwa korsa di antara siswa, sekaligus menumbuhkan rasa cinta terhadap gerakan pramuka yang sarat makna.

Uniknya, dalam kegiatan ini para siswa hanya menggunakan bahan-bahan lokal dan dilarang memakai minyak tanah untuk memasak.

Mereka harus membuat tungku sendiri sebagai media memasak, mengolah bahan-bahan lokal yang telah disiapkan, lalu menikmati hasil masakan bersama teman-teman seregu dengan riang gembira.

Penggunaan daun pisang sebagai alas makan menambah suasana khas kegiatan pramuka di alam terbuka.

Kegiatan ini sukses diselenggarakan, membawa manfaat besar bagi para siswa.

Selain mendapatkan pengalaman baru, siswa juga belajar untuk bekerja sama dalam regu, meningkatkan kekompakan, serta mempererat persaudaraan.

Harapannya, kegiatan semacam ini akan menjadi agenda tahunan di SMP Negeri Terpadu Bintuni, sebagai bagian dari pembentukan karakter siswa dan promosi budaya lokal.Kegiatan ini berakhir dengan penuh keseruan dan kebahagiaan, dan para siswa kembali ke sekolah dengan kenangan yang tidak terlupakan.

Nurhayati berharap bahwa kegiatan seperti ini akan terus dikembangkan untuk memberikan nilai tambah bagi pendidikan karakter dan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. [HS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg