Dermaga ASDP Tofoi Siap Diresmikan: Gebrakan Infrastruktur Teluk Bintuni di Tengah Isu Mangkrak!

Dermaga angkutan sungai, danau, dan penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi, Distrik Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat. (Istimewa)
Dermaga angkutan sungai, danau, dan penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi, Distrik Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat. (Istimewa)

BINTUNI, Mediaprorakyat.com –  Dermaga angkutan sungai, danau, dan penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi, Distrik Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, akan segera diresmikan oleh Bupati Dr. Ir. Petrus Kasihiw, MT, pada bulan Juni mendatang.

Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni, Saifuddin Kasim, menyampaikan bahwa proses pembangunan dermaga tersebut telah mencapai sekitar 99% dan diharapkan akan diresmikan pada tanggal 6 Juni 2024, meskipun jadwal ini masih menunggu konfirmasi ketersediaan waktu Bupati Teluk Bintuni.

“Pembangunan dermaga Tofoi merupakan salah satu pilot project Bupati dan menjadi prioritas utama dalam pembangunan daerah,” ujar Saifuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/5/2024).

Proyek dermaga ini mendapatkan pengawasan langsung dari Aparat Penegak Hukum (APH) Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni untuk memastikan seluruh proses berjalan sesuai prosedur. Saifuddin menegaskan, “Proses pembangunan dermaga ini berjalan sesuai prosedur, dengan pendampingan langsung dari APH.”

Setelah diresmikan, dermaga ASDP Tofoi akan menjadi sarana transportasi vital yang menghubungkan kawasan industri di Distrik Sumuri, Kampung Tofoi, Babo, dan Bintuni. Dermaga ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas penduduk dan efisiensi distribusi barang serta jasa di wilayah tersebut, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

“Pembangunan dermaga ini bersifat multiyears atau dilakukan dalam dua tahun anggaran, menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan infrastruktur transportasi,” jelas Saifuddin.

Menanggapi isu yang menyebut proyek ini sebagai pekerjaan mangkrak, Saifuddin dengan tegas menolak tuduhan tersebut. “Pekerjaan ini terus berjalan hingga kini dan siap untuk diresmikan oleh Bupati Teluk Bintuni,” ujarnya.

Dengan hampir rampungnya pembangunan dermaga ASDP Tofoi, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam efisiensi transportasi di wilayah tersebut. Dermaga ini tidak hanya akan menjadi fasilitas transportasi, tetapi juga diharapkan menjadi katalisator bagi perkembangan ekonomi lokal dan regional.

“Proyek ini merupakan bukti nyata dari komitmen pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dalam meningkatkan infrastruktur dan pelayanan publik. Dengan segala persiapan yang matang, peresmian dermaga di bulan Juni diharapkan berjalan lancar dan segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkas Saifuddin.

Terpisah, saat dihubungi Mediaprorakyat.com lewat telepon seluler, Selasa (28/05/2024), Saifuddin Kasim mengatakan pada tanggal 3 Juni 2024 akan turun ke Tofoi.

Yah, nanti saya akan mengajak rekan-rekan dari media untuk melihat kondisi Dermaga angkutan sungai, danau, dan penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi terkini.” ujarnya.

 

 

Penulis: TIMEditor: Haiser Situmorang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg