Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni Melakukan Sosialisasi dan Skrining HIV/AIDS bagi ASN dan Honorer

Plt. Sekda Teluk Bintuni Drs. Frans N Awak melakukan Tes skrining HIV / AIDS, Senin (30/10/2023)
Plt. Sekda Teluk Bintuni Drs. Frans N Awak melakukan Tes skrining HIV / AIDS, Senin (30/10/2023)
Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Teluk Bintuni, Ronald Isir saat di wawancarai, Senin (30/10/2023)
Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Teluk Bintuni, Ronald Isir saat di wawancarai, Senin (30/10/2023)

Bintuni, Mediaprorakyat.com – Dalam upaya pencegahan penularan HIV/AIDS, Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, melalui Dinas Kesehatan, telah melaksanakan sosialisasi dan skrining HIV/AIDS pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kabupaten tersebut pada Senin, (30/10/ 2023).

Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Teluk Bintuni, Ronald Isir, menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan telah merencanakan jadwal pemeriksaan kesehatan ini, dan pada tanggal tersebut, Sekretariat Daerah mengikuti sosialisasi dan skrining HIV/AIDS.

Ronald menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan sebelumnya telah mengirim surat kepada semua OPD agar mengikuti kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan terkait HIV/AIDS ini.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan skrining HIV/AIDS ini melibatkan semua ASN dan Honorer di lingkungan pemerintah kabupaten, termasuk pejabat eselon II, III, IV, serta staf honor dan staf ASN.

Ronald menambahkan, “Petugas Kesehatan akan kembali melakukan pemeriksaan kesehatan dan skrining HIV/AIDS ini setelah enam bulan, sehingga pemantauan akan terus dilakukan.”

Sebanyak 16 (Enam Belas) OPD dan Sekretariat Daerah telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan skrining HIV/AIDS. Namun, masih ada 7(Tujuh) SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan pemerintah kabupaten yang belum menjalani pemeriksaan serupa.

Selain ASN dan Honorer di setiap OPD, pegawai di tingkat Distrik juga akan menjalani skrining dan pemeriksaan HIV/AIDS melalui Puskesmas terdekat.

Sebagai seorang ASN, Ronald Isir menyampaikan harapannya kepada rekan-rekan ASN di Sekretariat Daerah dan di seluruh pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni agar aktif berpartisipasi dalam sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan khusus untuk HIV/AIDS, dengan tujuan mencegah penularan penyakit tersebut.

Ronald juga berharap agar ASN dan Honorer dapat membantu petugas kesehatan dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan ASN lain yang belum mengikuti kegiatan serupa, sehingga penyebaran HIV/AIDS dapat dicegah. [HS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg