Inovasi Wartawan Bintuni: Menyuarakan Berita Sambil Menyajikan Es Buah Segar

Bintuni, Mediaprorakyat.com – Di tengah tantangan ekonomi yang dihadapi oleh wartawan modern, seorang wartawan berdedikasi di Bintuni, Papua Barat, mencoba pendekatan kreatif untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Rohmat Sugianto, yang aktif dalam media lokal Bintuni Indokabar.id, menghadapi kenyataan bahwa gaji dari pekerjaannya tidak selalu mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari dan masa depan finansial yang menjanjikan.

Dengan tekad kuat untuk tidak hanya bergantung pada gaji sebagai wartawan, Rohmat memilih untuk melangkah lebih jauh. Ia memutuskan untuk mengambil langkah berani dengan memulai usaha sampingan di bidang kuliner. Mengambil inspirasi dari potensi kuliner lokal, Rohmat merintis bisnis Kedai Es Buah dan Es Kelapa Muda. Langkah ini diambilnya sebagai respons terhadap kenyataan bahwa sebagian besar media massa adalah perusahaan swasta, dan gaji yang diberikan belum tentu memadai.

Menggabungkan kiprahnya sebagai wartawan dengan semangat berwirausaha, Rohmat mulai menjalankan kedai kuliner tersebut. Dengan kerja keras dan tekad, dalam waktu singkat, ia berhasil merancang dan membuat gerobak sendiri untuk berjualan. Proses kreatifitas dan kerja kerasnya menghasilkan “KEDAI ES BUAH”, sebuah gerobak yang dipenuhi dengan berbagai pilihan es buah dan es kelapa muda segar.

” Rencananya, gerobak “KEDAI ES BUAH” akan berjualan di Jln Raya Bintuni, berlokasi strategis di samping Sekretariat Lembaga Masyarakat Adat (Tujuh) Tujuh Suku, Kompleks Nusantara, Bintuni, ” ujar Rohmat kepada wartawan media ini, Senin (14/8/2023)

Rohmat berharap bahwa usaha ini tidak hanya akan memberikan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah anak-anaknya, tetapi juga menjadi langkah awal menuju masa depan finansial yang lebih baik.

Tak hanya berfokus pada usaha kuliner, Rohmat tetap memegang teguh panggilan jiwanya sebagai wartawan. Ia akan tetap mencari berita dan menghasilkan konten berita yang informatif. “Yah kita sesuaikan dengan waktu, cari berita, buat berita, itu sudah panggilan jiwa saya sebagai seorang wartawan,” ujar pria kelahiran 1978, yang berasal dari Pati, Jawa Tengah.

Dengan inovasinya yang menggabungkan jurnalisme dan kewirausahaan, Rohmat Sugianto menginspirasi dengan contoh nyata bahwa ketekunan dan semangat pantang menyerah dapat mengatasi tantangan finansial, sambil tetap berkomitmen untuk menjalankan tanggung jawab profesi sebagai seorang wartawan. [hs]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg