Kapolres Teluk Bintuni Ajak Komunitas Bergerak Lawan Stunting

 

Teluk Bintuni, Mediaprorakyat.com – Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Dr. H. Choiruddin Wachid, S.IK.,M.M., M.Si, memimpin kunjungan emosional yang berfokus pada pencegahan stunting di Kabupaten Teluk Bintuni. Pada Rabu siang, 09 Agustus 2023, Kapolres dan rombongan menyambangi Kampung Pasamay, Distrik Manimeri, untuk memberikan dukungan dan menyebarkan kesadaran akan pentingnya kesehatan anak-anak balita.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh anggota Satuan Polisi Air dan Udara (Sat Polairud) serta komunitas Kader Posyandu, tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mengobservasi secara langsung angka stunting yang terjadi di daerah ini. Selain mengenalkan program “Si Pestani” (Polisi Peduli Stunting Anak Bintuni), Kapolres juga memaparkan program “Si Tarjal” (Polisi Antar Jemput Anak Sekolah) yang tengah dijalankan oleh Polres Teluk Bintuni.

Lebih dari sekadar gizi buruk, Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Dr. H. Choiruddin Wachid, menekankan pentingnya gaya hidup sehat dalam mencegah stunting. “Angka stunting tidak hanya berkaitan dengan asupan nutrisi, tapi juga pola hidup sehari-hari,” kata Kapolres. Dalam upaya mengatasi masalah ini, makanan tambahan berupa kacang bubur dan susu ultra dibagikan kepada anak-anak balita, sebagai langkah awal dalam memberikan dukungan kepada masyarakat.

Ibu Rumini, seorang Kader Posyandu, menekankan bahwa angka stunting bukanlah sekadar masalah gizi buruk, tetapi juga melibatkan pola hidup yang sehat. Di Kampung Pasamay, tercatat terdapat tujuh anak bayi dan balita yang terkena dampak stunting. Kegiatan ini menjadi bukti inovasi dari Kapolres Teluk Bintuni dalam peduli terhadap kesehatan anak-anak daerahnya.

Menyadari tantangan angka stunting yang signifikan, Polres Teluk Bintuni berencana untuk melaksanakan pengawasan lebih mendalam dengan mengunjungi rumah-rumah warga. Tujuannya adalah untuk mengkaji sanitasi, kebersihan, dan jumlah anggota keluarga dalam satu rumah. “Kami berkomitmen untuk memberikan perhatian menyeluruh terhadap kesejahteraan anak-anak Teluk Bintuni,” tambah KBO Sat Polairud, Rabu (9/8)

Kegiatan pemberian makanan tambahan secara simbolis kepada salah satu anak di Kampung Pasamay menjadi momen yang menyentuh hati. Dalam suasana aman dan lancar, kunjungan ini menegaskan semangat Polres Teluk Bintuni dalam berkolaborasi dengan masyarakat untuk memerangi stunting. Diharapkan, langkah-langkah ini dapat membawa perubahan positif yang signifikan dalam menurunkan angka stunting di daerah ini. [hs]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg