Polres Teluk Bintuni Terima Pistol Revolver Dari Aser Iba

Ilustrasi Pistol Revolver

BINTUNI || Mediaprorakyat.com – Kepolisian Resort Teluk Bintuni menerima sepucuk senjata api (pistol) jenis Revolver dari seorang warga Kampung Atibo, Distrik Atibo.Pemilik pistol revolver tersebut adalah Aser Iba.

Tampa unsur paksaan Aser Iba di dampingi Keluarganya menyerahkan senjata api tersebut kepada Polres Teluk Bintuni dan diterima oleh Kapolres Teluk Bintuni AKBP. Hans Rahmatullah Irawan,SIK melalui Kasat Res Krim Polres Teluk Bintuni, AKP. Junaedi A. Weken,SIK yang di dampingi Kasat Intel Iptu Lalu Hadi Gunawan, S.Tr.K di ruang Dhira Bratha, Mapolres Teluk Bintuni, Jln.Raya Iguriji, Distrik Bintuni, Kamis (17/6/2021)

” Aser Iba, pemilik senjata api tersebut yang didampingi pihak keluarga tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun menyerahkan secara langsung senjata api tersebut ke pihak Polres Teluk Bintuni. Ini merupakan kegiatan Kepolisian dalam hal cipta kondisi untuk pemeliharaan Kamtibmas yang ada di wilayah hukum Polres Teluk Bintuni” Kata Kapolres Teluk Bintuni melalui AKP.Junaidi A. Weken,SIK.

Disampaikan Kasat Reskrim, kegiatan cipta kondisi setiap bulan dan tahunnya sering dilakukan oleh Jajaran Kepolisian Polres Teluk Bintuni, dan pada hari ini melalui kegiatan cipta kondisi dengan melakukan pendekatan-pendekatan berupa penggalangan, komunikasi dengan baik oleh masyarakat. Kegiatan ini juga dilakukan guna menghadapi momentum pelantikan kepala Daerah terpilih dan mencegah mengantisipasi tindak pidana yang akan terjadi.

“Namun kali ini agak sedikit berbeda, setelah kami mendapat informasi bahwa ada yang memiliki senjata api, sehingga kami melakukan pendekatan-pendekatan secara khusus, dan alhasil kemarin, saudara Aser Iba mendatangi kantor Polres Teluk Bintuni, didampingi oleh pihak keluarga, kemudian yang bersangkutan menceritakan bahwa memiliki senjata api” ucap Kasat Reskrim

Dikatakan Kasat Reskrim, sebenarnya yang bersangkutan takut mengantar senjata api miliknya seorang diri, makanya didampingi pihak keluarga, karena menurut yang bersangkutan senjata api tersebut di simpannya di daerah dataran Isim Manokwari Selatan. Kemudian saudara Aser bersama tim Resmob Polres Teluk Bintuni bergeser ke Dataran Isim guna mengambil senjata api yang dimaksud.

“Disana tak ada perlawanan, tanpa ada paksaan yang langsung diserahkannya senjata apa ini” tutur Kasat Reskrim.

Diungkapkan Kasat Reskrim, dari keterangan yang diperoleh selama kepemilikan senjata api tersebut, saudara Aser Iba tidak pernah menggunakan dalam hal tindak pidana, dan tentunya pihak Polres Bintuni masih mendalami hal itu.

“Menurut dari keterangan yang bersangkutan, senjata api itu diperolehnya dari turun temurun yang akhirnya digunakan untuk sebuah proses adat dalam keluarga sebagai maskawin atau bayar denda” terangnya.

Kasat Reskrim juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni khususnya yang masih menyimpan senjata api baik jenis revolver maupun senjata api laras panjang, dapat melapor atau melalui anggota polisi yang dikenal silahkan untuk di serahkan.

“Istilahnya apabila ada etikat baik seperti saudara Aser Iba menyerahkan senjata api seperti ini dia menyerahkan sendiri, tanpa kita harus melakukan upaya paksa, ini juga tentunya kami melalui Bapak Kapolres memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada kami Kepolisian” tambahnya.

Selain itu ditambahkan Kasat Intel Polres Teluk Bintuni Iptu Lalu Hadi Gunawan, S.Tr.K menyampaikan, atas nama Kepolisian Polres Bintuni mengucapkan terima kasih kepada saudara Aser Iba bersama keluarga dengan kesediannya untuk menyerahkan kepemilikan senjata api yang tidak memiliki perizinannya.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat apabila diluar sana masih ada yang memiliki senjata api tanpa izin, alangkah baiknya diserahkan seperti saat ini,” tuturnya

Diungkapkannya, Karena untuk kepemilikan senjata api ada aturannya dan izin-izinnya, selain dari izin senjata apinya orang yang memegang harus memiliki izin.

“dari pada dari pihak kami yang bergerak lebih bagus dengan etikat baik segera yang bersangkutan menyerahkannya kepada pihak yang berwajib” tutupnya

Demikian pula seperti yang disampaikan Aser Iba sang pemilik dari senjata api saat usai menyerahkan senjata api, mengungkapkan bahwa senjata api yang dia peroleh secara turun temurun dari sang orang tua, yang selama ini tidak pernah dipergunakan kecuali untuk membayar maskawin, akhirnya dengan kesadaran diri mendatangi Polres Teluk Bintuni untuk menyerahkan senjata api tersebut.

“Penyerahan ini dari kemauan sa sendiri, senjata api itu sudah lama sa pegang, dari turun temurun orang tua, makanya hari ini saya lebih bagus serahkan saja, supaya aman, senjata itu tidak pernah dipakai, cuma dipakai untuk bayar maskawin, karena sa takut terjadi apa-apa jadi saya serahkan saja ke polisi” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg