Meriahkan HUT ke-207 Pattimura, IKEMAL Teluk Bintuni menggelar Pawai Obor.

Foto Istimewa

Bintuni, Mediaprorakyat.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pattimura ke-207, Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan pawai obor pada Rabu (15/05/2024). Pawai tersebut dimulai dari KM 6 Bintuni Barat dan berakhir di Lapangan GSG, Bintuni Timur.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Matret Kokop SH, Dandim 1806/TB Letkol Inf. Teguh Eko Efendi SE, Kapolsek Bintuni Iptu Yanyan Apriayani SH, Dan Pos AL Bintuni Letda (L) Joko Sucipto, Kepala Dinas Perhubungan Viktor E Ririhena SE, Ketua Ikemal Kabupaten Teluk Bintuni Gustaf Manuputty, Ketua Forapelo Teluk Bintuni Agustinus Orocomna, serta warga Ikemal di Kabupaten Teluk Bintuni.

Ketua Panitia, Anton Tutkey, dalam laporannya meminta maaf atas segala kekurangan dalam perayaan HUT Pattimura yang baru pertama kali diadakan di Kabupaten Teluk Bintuni. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada LMA 7 Suku yang telah memberikan izin untuk pelaksanaan acara ini.

“Kami memohon maaf kepada semua, terutama kepada LMA 7 Suku yang telah memberikan izin atau menyetujui kami melaksanakan HUT Pattimura ke-207 tahun ini,” ujarnya.

Anton juga mengajak masyarakat Maluku di Kabupaten Teluk Bintuni untuk bergandeng tangan dengan masyarakat lainnya demi menjaga persatuan dan kesatuan, serta berharap agar momen HUT Pattimura ini dapat terus diselenggarakan setiap tahun.

“Saya harap momen HUT Pattimura ini akan terus dilaksanakan setiap tahun. Semoga tahun depan bisa dilaksanakan lebih baik lagi,” tambahnya.

Ketua Ikemal Kabupaten Teluk Bintuni, Gustaf Manuputty S.Sos, MM, dalam sambutannya menekankan pentingnya mempertahankan semangat perjuangan Kapiten Pattimura, Thomas Matulessy, yang dengan keberanian menggunakan parang dan salawaku mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Ia juga mengingatkan masyarakat Maluku di Kabupaten Teluk Bintuni untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban bersama seluruh elemen masyarakat.

“Ikemal bukan organisasi politik, tapi masyarakat memiliki hak untuk memilih pemimpin yang akan memimpin Kabupaten Teluk Bintuni. Pilihan boleh berbeda, tapi tetap dalam ikatan persaudaraan. Kita harus selalu ingat slogan kita ‘Ale rasa Beta rasa’, bersama mendukung pemerintah menjaga keamanan dan ketertiban di kabupaten ini,” ujarnya.

Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Matret Kokop SH, dalam sambutannya mengajak generasi muda Maluku untuk mengikuti semangat perjuangan Pattimura, yang tidak tunduk dan menyerah kepada kolonialisme Belanda, meski menghadapi tantangan besar.

“Tantangan dan ancaman yang dihadapi Pattimura masa kini adalah era revolusi industri, di mana dunia semakin kompetitif di berbagai bidang. Perjuangan kita saat ini tidak lagi fisik, tetapi mengandalkan otak dan karakter,” katanya.

Wakil Bupati juga menekankan pentingnya mempersiapkan diri menghadapi tantangan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan penguasaan teknologi serta ilmu pengetahuan, khususnya bagi generasi muda.

“Saya berharap kepada para generasi muda untuk terus mengembangkan potensi diri dan inovasi sesuai bidang dan talenta masing-masing,” tutupnya. [Tim/HS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg