Peserta Didik PKBM Penabur di Manokwari Sukses Memproduksi Jajanan dan Cemilan Murah Berkualitas

Manokwari, Mediaprorakyat.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Penabur di Papua Barat meraih kesuksesan dalam menghasilkan jajanan dan cemilan berkualitas yang berasal dari potensi alam setempat. Melalui berbagai program pendidikan, PKBM Penabur mampu memberdayakan peserta didiknya untuk mengembangkan ketrampilan dan sikap mental yang berdampak positif pada kehidupan mereka.

Ketua PKBM Penabur Papua Barat, Ferawati Samatimbang M.pd, mengungkapkan bahwa tujuan utama PKBM adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang kurang mampu guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Dengan bangga, ia menyampaikan bahwa peserta didik PKBM Penabur telah berhasil mengembangkan kemampuan mereka dalam memproduksi jajanan dan cemilan menggunakan sumber daya alam yang melimpah di Kabupaten Manokwari, seperti Keripik Keladi, kacang telur, dan abon ikan tuna.

“Fera” – sapaan akrab Ketua PKBM – juga menyoroti keberhasilan peserta didik yang mampu bersaing dalam dunia bisnis. Ia mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi ini, di mana peserta didik tidak hanya belajar, tetapi juga mengembangkan life skill yang bermanfaat untuk mencari nafkah dan mendukung keluarga mereka.

Selain menjual produk-produk tersebut secara online melalui media sosial dan layanan door-to-door, PKBM Penabur berencana untuk memperluas jangkauan dengan menjual produk-produk mereka di pasar terbuka dan toko-toko setelah mendapatkan izin yang diperlukan.

Dalam hal harga, produk-produk dari PKBM Penabur sangat terjangkau. Harga kacang telur dibanderol 35 ribu per tople, sedangkan keripik keladi pedas dan original dijual seharga 15 ribu per bungkusnya. Sementara itu, abon ikan tuna dapat dibeli dengan harga 60 ribu.

Ferawati Samatimbang M.pd menyampaikan rasa terima kasih kepada para pembeli yang telah menikmati jajanan dan cemilan dari PKBM Penabur. Melalui dukungan ini, pembeli turut berkontribusi pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan kesetaraan, serta memberikan dukungan pada perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Manokwari.

PKBM Penabur terus berkomitmen dalam mengembangkan potensi peserta didiknya dan berperan aktif dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan budaya di wilayahnya. Dengan prestasi yang telah dicapai, PKBM Penabur menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar untuk mengoptimalkan potensi alam dan menciptakan peluang bisnis yang berkelanjutan. [ars]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg