Sambut Paskah Dan Jalin Kebersamaan, Masyarakat Toraja Gelar PORSENI

BINTUNI, mediaprorakyat.com – Keluarga besar Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Teluk Bintuni dalam rangka menyambut perayaan keagamaan umat Kristen ( Hari Raya Paskah) , pengurus IKT melaksanakan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni)

Ketua Panitia Pekan Olahraga dan Seni IKT Teluk Bintuni, Amos Solon.

Ketua Panitia Amos Solon , kepada wartawan mengatakan Porseni di tahun 2022 ini diserahkan kepada pemuda dan pemuda sudah melaksanakan. Lanjutnya, adapun kegiatan yang sudah dilakukan yaitu pekan olahraga dan seni.

Adapun yang dipertandingkan dalam Porseni tahun ini adalah Bola volley putra putri, catur , Takraw, dan tarik tambang putra – putri , sedangkan untuk seni yang diperlombakan yaitu pembacaan Alkitab dalam bahasa Toraja , solo dan lomba mewarnai, “ini untuk anak-anak dan remaja, ” sebut Amos Solon di Tongkonan , tanah merah kampung Awarepi, Bintuni. Kamis (14/3/2022).

Wakil Ketua IKT Teluk Bintuni, drg. Ferdinand Mangalit.

Kegiatan Porseni akan dilaksanakan dari tanggal 8 April sampai dengan hari ini , untuk puncaknya kita akan laksanakan pada hari Senin tanggal 18 April 2022 di sini. Kata Solon.

Pada kesempatan itu , Ferdinand Mangalit sebagai Wakil Ketua IKT Teluk Bintuni menjelaskan bahwa Ikatan Keluarga Toraja di Kabupaten Teluk Bintuni ada tujuh sektor , mulai dari SP 2, 3 , sektor sp 1 , sektor sp 4, sektor sp 5 , sektor Bintuni Timur, sektor Bintuni Tengah , dan sektor Bintuni Barat .

Ia berharap ,dengan dilaksanakannya Porseni ini disamping kita mengembangkan bakat-bakat yang ada dari anggota dan pada kegiatan ini kita dapat memupuk tali persaudaraan, agar dapat saling mengenal antara sektor yang satu dengan sektor lain. Tambahnya, dan yang terpenting kita dapat meningkatkan Kualitas rohani kita, ujar Ferdinand Mangalit.

Sekretaris Umum IKT Teluk Bintuni, Dan Topan Sarungallo, ST.

Dan Topan Sarungallo sebagai Sekretaris Umum IKT Teluk Bintuni pada kesempatan itu juga turut menjelaskan tujuan dari digelarnya Porseni tahun 2022 tersebut.

” IKT di dalam program kerja periode ini , Porseni sudah empat kali dilaksanakan selama IKT terbentuk di Kabupaten Teluk Bintuni . Dan kegiatan Porseni ini biasanya kita laksanakan dua kali dalam setahun yaitu pra paskah dan pra natal , Semua masyarakat Toraja terlibat dalam kegiatan ini , semua sektor. Kami juga ada wilayah , yaitu wilayah Babo Raya , Sumuri Raya dan Moskona Raya ,cuman kali ini karena kondisi tidak memungkinkan maka kami tidak mengundang dari Wilayah. Saat ini jumlah anggota IKT Teluk Bintuni ada 700 Kepala Keluarga, ” kata Dan Topan Sarungallo.

Ketua Pemuda IKT Teluk Bintuni, Fransiskus Sugianto.

Selanjutnya Ketua Pemuda IKT Teluk Bintuni , Fransiskus Sugianto mengatakan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni kali ini menjadi tanggung jawab pemuda IKT , ” puji Tuhan dari pembentukan panitia hingga hari ini kegiatan Porsen dapat berjalan dengan baik , kami berharap agar kedepan peran pemuda agar lebih baik lagi untuk wadah ini, karena pemuda adalah pilar di Ikatan Keluarga Toraja.” Tutupnya. (mpr-01) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg