Kodim 1806/TB di Dukung Pemda Teluk Bintuni Serius Membangun Kampung Idoor

BINTUNI || Mediaprorakyat.com – Komandan Kodim 1806/Teluk Bintuni Letkol Inf Kadek Abriaawan,S.IP bertekad akan membangun Kampung Idoor , Distrik Wamesa lewat program TMMD Ke-111 TA 2021.

Di jelaskan Dandim, Kabupaten Teluk Bintuni adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat yang merupakan daerah pemekaran dan dibentuk berdasarkan UU Nomor 26 tahun 2002 dengan Ibukota Bintuni, jelasnya Bintuni, Minggu (20/06/2021)

Lanjut Dandim, Kabupaten Teluk Bintuni yang terdiri dari 11 Distrik meliputi 95 kampung dan 2 kelurahan termasuk salah satu didalamnya adalah Distrik Wamesa.

Distrik Wamesa yang memiliki 4 kampung Definitip (Kampung Idoor, Kampung Yakati, Kampung Yensei dan Kampung Mamuranu) juga memiliki 2 kampung pemekaran yaitu kampung Anakasih dan Kampung Wasari.

Secara geografi Kampung Idoor yang merupakan salah satu kampung yang berada dilembah pedalaman Wamesa, dimana akses keluar masuk kampung tersebut sangat sulit baik melalui jalur laut dan sungai yg kecil, panjang dan berbelok-belok sangat memakan waktu yang lama kurang lebih 4-5 jam dengan menggunakan perahu longboat dan apabila melalui jalan darat harus melalui kampung Tahota kabupaten Manokuari Selatan sejauh kurang lebih 120 Km dengan waktu tempuh 8-9 jam.

Secara umum kondisi masyarakat kampung idoor sangat baik, ramah dan sopan baik sesama warga setempat maupun terhadap pendatang dimana warga kampung idoor sangat menerima kehadiran warga dari luar kampung idoor baik dalam hal berkunjung maupun untuk tinggal.

Kampung Idoor memiliki jumlah penduduk kurang lebih 700 orang terdiri dari 144 Kepala Keluarga, bila dibandingkan jumlah penduduk dengan jumlah tempat tinggal (rumah) sangat terbatas, dimana masih ada ditemukan masyarakat tinggal dalam 1 rumah sebanyak 2 kepala keluarga (KK).

Masyarakat kampung Idoor sehari-harinya melaksanakan kegiatan berkebun seperti menanam sagu, pisang dan ubi sebagai mata pencaharian utama sekaligus sebagai makanan pokok dan memancing ikan disepanjang sungai kampung idoor untuk dijadikan lauk.

Hasil kebun tersebut tidak ada yg diperjual belikan baik di dalam kampung maupun keluar kampung, cukup untuk dikonsumsi sehari harinya, hal ini dikarenakan sangat susah dan sulitnya jalur keluar masuk kampung Idoor baik melalui jalur sungai maupun darat.

Menurut Dandim 1806/TB , Melihat kondisi kampung Idoor tersebut, berkunjung langsung ke Kampung Idoor sebagai dalah satu wilayah teritorial Kodim 1806/Teluk Bintuni memiliki tekad yang bulat untuk membantu memajukan kesejahteraan masyarakat di kampun idoor, sehingga Letkol Inf Kadek Abriawan, S.I.P melakukan koordinasi sekaligus mendorong Pememerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni untuk melakukan satu terobosan dengan melaksanakan pembangunan khususnya perumahan dan pengerasan jalan di kampung Idoor melalui kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kampung Idoor. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *