Potensi SDA Wilayah Timur Harus Sejahterahkan Rakyat

Potensi SDA Wilayah Timur Harus Sejahterahkan Rakyat

JAKARTA | mediaprorakyat.com– Kefiguran Troy E. Pormolingo yang kini disebut-sebut miliki kans besar untuk masuk dalam jajaran kabinet Jokowi jilid II ini miliki pandangan kritis soal wilayah Timur. Ia menilai potensi Sumber Daya Alam Indonesia Timur yang ada saat ini mestinya diatur dengan baik untuk mensejahterakan rakyat Indonesia dengan tetap mengutamakan daerah penghasil.

Kepada awak media dalam pertemuan bersama DPP Asosiasi Jurnalis Indonesia Timur (AJIT) di Sarinah Thamrin siang tadi secara terbuka dirinya menginginkan kedepan pemerintah harus melakukan langkah strategis dalam pengelolaan SDA Indonesia timur dengan memetakan secara jelas potensi semua wilayah kemudian diikuti memperketat investasi bagi perusahaan-perusahaan yang masuk.

“Wilayah Timur itu menjadi incaran banyak investor, akan tetapi kita harus melakukan pemetaan yang jelas terhadap semua potensi itu kemudian memperketat mereka-mereka yang ingin berinvestasi. Ini dimaksudkan agar tidak ada perusahaan asal-asal dan agar rakyat kita mendapat menfaat bukan sebaliknya menjadi rugi”, kata Troy saat itu.

Troy menyinggung beberapa potensi yang begitu besar dan dilirik dunia Internasional seperti di NTT Maluku dan Papua dengan potensi tambang, pariwisata, dan Migas yang tak ternilai harganya itu harus mendapat konsentrasi serius pemerintah terutama aspek regulasi dan infrastrukturnya.
Pada konteks lain, ia menyebut untuk mendukung pengembangan wilayah Timur itu harus didukung dengan sumber daya manusia yang handal terutama para mahasiswa yang saat ini sementara melanjutkan pendidikannya.

“Nah dalam hal bagaimana kita mengembangkan semua itu, saya sudah berulangkali menyampaikan ke Menteri agar bisa memberi porsi beasiswa yang adil bagi anak-anak wilayah Timur. Ini dimaksudkan agar kedepan mereka sendiri mampu melakukan perubahan itu untuk daerahnya”, tutur politisi PDIP asal Gorontalo itu.

Menyinggung soal namanya yang kini disebut-sebut bakal masuk dalam jajaran Kabinet Jokowi jilid II itu, ia tak banyak berkomentar sebab prinsipnya konsistensi berfikir dan memberi solusi menjadi hal yang utama agar Indonesia dalam kepemimpinan Jokowi Periode kedua ini lebih bagus.

“Kita harus terus bergerak maju memberi pikiran-pikiran dan mendukung langkah pemerintah agar kedepan masa depan bangsa ini lebih baik”, jelasnya.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *