Prosesi Bersejarah di Moskona Timur: Penjemputan Alat Berat untuk Akses Jalan

Rombongan dan tiga alat berat disambut dengan Tradisi Suku Moskona, di Moskona Timur, Kabupaten Teluk Bintuni, Rabu (14/11/2023)
Rombongan dan tiga alat berat disambut dengan Tradisi Suku Moskona, di Moskona Timur, Kabupaten Teluk Bintuni, Rabu (14/11/2023)

Moskona Timur, Mediaprorakyat.com – Sebuah langkah monumental dalam upaya meningkatkan konektivitas wilayah dilakukan oleh rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, PT Toddopuli Irian Jaya, Kepala Distrik Moskona Timur, dan tokoh masyarakat dengan menggelar upacara di Ibukota Distrik Moskona Timur, Mesna, pada Rabu (15/11/2023).

Puluhan pria berpakaian adat Suku Moskona, lengkap dengan senjata tradisional seperti panah, tombak, dan parang, menyambut kedatangan rombongan yang juga disambut oleh para perempuan dengan membawa Noken, lambang budaya Suku Moskona. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan tarian Tumbuk Tanah, diikuti dengan ketibaan tiga ekskavator besar yang menjadi simbol awal pembangunan akses jalan di daerah tersebut.

Sebelum memasuki Ibukota Distrik Moskona Timur, pihak kontraktor melakukan pembayaran hak ulayat secara simbolis kepada pemilik tanah setempat. Acara ini dilaksanakan dengan ucapan dalam bahasa daerah Moskona serta pemakaian lembaran kain timor kepada para tamu sebagai tanda penghormatan. Upacara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Pendeta GPKAI Melky Rondonuwu, kemudian disusul ucapan terima kasih dari Kepala Distrik Moskona Timur, Salmon Igomu, kepada Pemerintah Daerah Teluk Bintuni dan PT Toddopuli Irian Jaya.

Donald Werbete, yang juga PPK ruas Moskona Timur dan mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, menandai simbolis penyerahan tiga alat berat dengan pemotongan batang rotan. Kedatangan alat berat ini dianggap sebagai momen bersejarah bagi masyarakat Moskona yang sebelumnya hanya dapat dijangkau melalui pesawat udara atau dengan berjalan kaki melintasi hutan. Tenaga kesehatan, pengajar, pejabat distrik, dan kepala kampung juga turut merayakan kegembiraan ini.

Daniel Ogeney, perwakilan dari PT Toddopuli Irian Jaya, berharap dukungan masyarakat untuk kelancaran proyek akses jalan ini. PT Toddopuli Irian Jaya telah berhasil menghubungkan akses jalan dari distrik Masyeta hingga ke Distrik Moskona Timur dalam waktu 15 bulan, dan rencananya akan terus melanjutkan pekerjaan akses jalan di Ibukota Distrik Moskona Timur dengan menggunakan tiga alat berat tersebut.

Acara berlangsung dengan tertib dan aman, diakhiri dengan makan bersama sebagai ungkapan syukur atas kedatangan tiga alat berat yang akan membantu memajukan Moskona Timur. [HS]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg