banner 728x250

Dinas PMK dan Pemdis Masyeta Buat Pelatihan Pemanfaatan Buah Merah

  • Bagikan
banner 468x60

Keterangan Gambar : Masyarakat Masyeta Mengelola Buah Merah. Jumat (17/6/2022)

BINTUNI , mediaprorakyat.com – Buah merah (kuansu) yang bernama latin Pandanus conoideus adalah buah yang banyak tumbuh di wilayah tanah Papua. Manfaat buah merah ini dipercaya oleh masyarakat Papua dapat mengobati berbagai penyakit dan baik bagi kesehatan.

banner 336x280

Untuk itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan kampung (DPMK) Kabupaten Teluk Bintuni dan Pemerintah Distrik Masyeta melakukan kegiatan pelatihan pemanfaatan buah merah yang di laksanakan di Distrik Masyeta, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat. Jumat (17/6/2022)

Masyarakat Distrik Masyeta mendapat pelatihan pemanfaatan dan pengelolaan buah merah dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Teluk Bintuni. Jumat (17/6)

Sekretaris Distrik Masyeta , Apolos Dowansiba,S.IP kepada wartawan media ini mengatakan kegiatan ini merupakan hal terbaru dalam mengembangkan potensi buah merah di distrik ini.

” Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris DPMK
Bapak  Set Apolos Orocomna,S.Ip ,  Kabid Kelembagaan Bapak Melianus Yettu, Kepala Seksi Bapak Felix Yerkohok,SH dan saya sendiri sebagai Sekdis Masyeta, ” terang Apolos Dowansiba. Jumat (17/6).

Apolos melanjutkan , Kegiatan di laksanakan satu hari penuh dari pagi jam sembilan hingga di tutup jam lima  sore, kegiatan dibuka oleh saya sendiri dan ditutup oleh  Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Teluk Bintuni.

Dijelaskan,  Kegiatan ini menggunakan anggaran dari DPA DPMK,  pemanfaatan dan pengelolaan buah merah . Masyarakat yang mengelola dan di dampingi oleh tim dari dinas PMK sendiri, buah merah tersebut di kelola menjadi agar-agar, minuman dan kue .

” Masyarakat yang mengikuti kegiatan dari Kampung Masyeta, Kampung Mestofu , Kampung Meisomda dan Kampung Kalibiru, ” sebut Apolos Dowansiba.

Ia menambahkan,  untuk bahan bakunya di Masyeta buah merah sangat banyak , jadi kami tidak perlu mendapatkan buah merah dari daerah lain, ” kalau di Teluk Bintuni disini sarangnya buah merah.” ungkap Sekretaris Distrik Masyeta. (mpr-01)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *