Pawai Malam Takbir, Ketua PHBI Teluk Bintuni : Ini Yang Pertama di Indonesia

Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT di dampingi oleh Ketua PHBI Teluk Bintuni, Ketua MUI Teluk Bintuni, Kapolres Teluk Bintuni, dan Dandim 1806/Teluk Bintuni melepas pawai takbiran 1443 Hijriah di Mako Polres Teluk Bintuni, Minggu (1/2/2022) malam.

BINTUNI, mediaprorakyat.com – Pelaksanaan Ibadah puasa selama sebulan telah berakhir pada tanggal 1 Mei 2022 , dan seluruh umat Muslim di dunia merayakan kemenangan setelah sebulan lamanya menjalankan ibadah puasa.

Perayaan kemenangan tersebut di tandai dengan melakukan pawai takbiran oleh umat Muslim , hal itu juga di lakukan oleh warga masyarakat Bintuni.

Pelaksanaan pawai takbiran dilepas dari Mako Polres Teluk Bintuni Iguriji SP-5 distrik Bintuni Timur, Minggu (1/5/2022) malam.

Sebelum pawai takbiran di lepas oleh Bupati Teluk Bintuni Ir.Petrus Kasihiw,MT pada kesempatan itu Ketua Peringatan Hari Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Teluk Bintuni Ustad Bahmudin Fimbay menyampaikan umat muslim menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah atau tanggal 2 Mei 2022 dengan penuh rasa kemenangan dan kegembiraan oleh seluruh umat muslim Teluk Bintuni.

Bahmuddin juga mengatakan bahwa Takbiran yang dimulai dari Halaman Mako Polres Teluk Bintuni itu untuk pertama kalinya dilaksanakan di Markas Kepolisian.

Dan bahkan ini mungkin yang pertama di Indonesia. Selain itu juga pertama kalinya umat muslim Bintuni akan melakukan sholat Idul Fitri di Landasan Bandara Steenkool Bintuni.

Terkait hal tersebut saya menyampaikan terima kasih kepada Bupati, Kapolres dan Wakapolres yang sudah mengijinkan kami melakukan takbiran dan bahkan mengambil start di Mako Polres ini serta juga lakukan sholat Idul Fitri di Bandara Bintuni” ujar Ketua PHBI itu sembari memberikan apresiasi kepada seluruh petugas keamanan yang berjaga-jaga pada malam itu.

Tempat yang sama, Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar menghimbau para peserta pawai takbiran agar mematuhi peraturan tata tertib lalu lintas dan juga mematuhi protokoler kesehatan.

“Kita masih berada dalam situasi pandemik covid 19 , memang sudah ada wacana dari pemerintah dari pandemik agar berubah menjadi endemik, namun jangan menjadi kelengahan bagi kita, tetap patuhi protokol kesehatan,” harap Kapolres Junov Siregar.

Selanjutnya Bupati Teluk Bintuni sebelum melepas peserta Takbiran mengatakan bahwa kemenangan setelah berpuasa selama sebulan yang membawa rasa kegembiraan bagi umat muslim di Teluk Bintuni juga dirasakan oleh seluruh masyarakat Bintuni yang ditandai dalam pawai Takbiran ini bukan hanya diikuti umat muslim saja.

Tetapi juga diikuti umat beragama yang ada di Bintuni.

“Semoga puasa yang telah dijalankan selama sebulan semoga diridhoi dan mendapat balasan dari Allah SWT,” tutur Bupati Teluk Bintuni 2 periode itu.

Dalam sambutannya Bupati yang juga Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Papua itu meminta kepada semua peserta pawai Takbiran agar menjaga keamanan berlalulintas sampai pawai berakhir.

“Akhirnya dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWT saya lepas peserta Takbiran 1443 H tahun 2022 dengan memukul drum sebanyak 7 (tujuh) kali,” tutup Bupati Bintuni disambut dengan takbir oleh peserta Takbiran.

Pantauan media ini, jumlah kendaraan hias yang ikut lomba untuk memeriahkan Takbiran dari sejumlah masjid yang ada di Bintuni dan Manimeri kurang lebih sebanyak 10 kendaraan roda empat truk, pick up, sedangkan kendaraan roda empat lainnya sebanyak kurang lebih seratus unit.

Selain itu Takbiran juga diikuti kurang lebih 300 kendaraan roda 2 dan diperkirakan warga masyarakat Bintuni yang ikut menyemarakkan Takbiran sebanyak kurang lebih seribu orang.

Adapun rute Takbiran mengambil star dari Mako Polres Teluk Bintuni menuju kota Bintuni dengan melewati beberapa titik yaitu Tisai, Tanah Merah, Awarepi, Nusantara Kali Tubi, Kepung Lama, Tahiti Kelurahan Bintuni Timur.

Kemudian juga melewati Masuk, Gaya Baru kemudian finish di Masjid Al Munawarah Tahiti Bintuni.

Pawai Takbiran berjalan dengan lancar dan tertib hingga selesai yang dikawal pihak kepolisian dan ormas masyarakat. (mpr-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg