Solusi Pak Lurah Pangkas Pengangguran Di Masa Pandemi Covid-19

Keterangan Gambar : Kepala Kelurahan Bintuni Barat Elkana M Kindewara menunjukkan data di ruang kerjanya, Sabtu , 1 Mei 2021 

BINTUNI || Mediaprorakyat.com Pandemi Virus COVID-19 (Corona) belum usai. Sejak terjadi pandemi hingga sekarang, sekitar 2,234 orang di Kelurahan Bintuni Barat kehilangan pekerjaan alias jadi pengangguran.

Hal ini di jelaskan oleh Lurah Bintuni Barat Elkana M Kendiwara, di ruang kerjanya Kantor Lurah Bintuni Barat , Sabtu 01 Mei 2021.

Sesuai dengan data status pekerjaan warga masyarakat di Kelurahan Bintuni Barat sesuai dengan jumlah menduduki peringkat tertinggi 1.648 orang, Wiraswasta 959 orang, Aparatur pejabat Negara 688 orang, Pertanian dan peternakan 94 orang, Nelayan 58 orang, Tenaga Pengajar 54 orang,  Tenaga kesehatan 52 orang, Pensiunan 35 orang, Agama dan kepercayaan 18 orang.

Sedangkan yang tidak memiliki pekerjaan (belum/tidak bekerja) sebanyak 2.234 orang, jelas pria yang biasa dipanggil dengan panggilan Mozzad ini.

Dia menuturkan , walaupun tingkat pengganguran di wilayah pemerintahan nya lumayan tinggi, Pemerintah Kelurahan Bintuni Barat yang di pimpinnya, ia  beupaya untuk mengurangi angka pengangguran yang ada, namun harus ada dukungan dari pihak-pihak lain dalam hal ini OPD terkait, tuturnya.

Kepala lurah memberikan terobosan
melalui Kelompok Tani Dan kelompok Budidaya Ikan Kolam.

” kita memberikan ruang kepada masyarakat dan keterlibatan mereka yang harus ada pendampingan dari Penyuluh mulai dari Pembibitan sampai proses Produksi ” ujarnya.

Ia menekankan , Masyarakat Teluk Bintuni secara khusus yang ada di Bintuni Barat sampai saat ini sangat Ketergantungan dengan APBD, oleh sebab itu saya sangat berharap agar Kami sama-sama Mencari Solusi kepada Masyarakat Teluk Bintuni untuk Produktif dan Berdaya saing dari sektor Pertanian dan Perikanan, pungkasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *