Warga Sekitar Kali Minta Perhatian Dinas PUPR Teluk Bintuni

Bintuni,mediaprorakyat-Akibat dari derasnya aliran air sungai setempat sehingga menyebabkan tanah di sekitar lokasi rumah warga terkikis.

Saat di jumpai wartawan media ini warga KM 5 Warga Kampung Wesiri, Nani Ahoren,”Hujan tanggal 28 Mei lalu dan beberapa hari sebelumnya mengakibatkan banjir, air deras hingga mengikis tanah di sekitar rumah bahkan menghanyutkan dapur kecil di belakang rumah”ucapnya,Minggu (2/6).

Nani Ahoren mengemukakan, “Kita sudah menyampaikan persoalan ini ke dinas PU, supaya kali ini cepat ditangani.Kita takut jangan sampai pondasi rumah patah dan rumah hanyut”

Dilokasi yang berbeda, pemilik rumah di sekitar sungai Kali Tubi Bintuni, Ongko Jon saat di temui di lokasi, Minggu (2/6) mengatakan,”Saya talud kali ini, karena saya takut lama-lama bangunan ini akan roboh akibat terkikis air”ketusnya.

Foto oleh Haiser Situmorang

Ongko Jon menambahkan,”saya gunakan uang sendiri untuk beli timbunan, bayar tukang, beli papan dan kayu saya perkirakan lebih dari 100 juta akan habis”jelasnya.

Dia juga berharap agar pemerintah Teluk Bintuni dalam hal ini dinas PI agar cepat menalud dan membersihkan sungai Kali Tubi agar tidak terjadi banjir dan mengikis tanah lokasi warga bermukim.

Saat dihubungi Kepala Bidang Kepala Bidang Pengolaan Sumber Daya Air pada
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Teluk Bintuni,Untung Prihono,ST,Senin (3/6) mengungkapkan, “Sebenarnya DPA belum saya pegang, untuk kali tubi blm tau.krn blm ada perintah dr kadin pu, klo kilo 5 memang sdh ada perintah dari Kadin itu yg mungkin bisa saya infokan” tulisnya lewat pesan WhatsApp kepada mediaprorakyat.com (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://mediaprorakyat.com/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_2023-08-21-22-41-08-24_6bcd734b3b4b52977458a65c801426b0.jpg